Assalamu'alaikum...
Kita beralih ke salah satu langkah penelitian dengan metode ilmiah, pengumpulan data.
Bismillah...
Ada beberapa metode pengumpulan data :
1. Pengamatan langsung (observasi)
2. Wawancara
3. Menggunakan daftar pertanyaan
4. Study kepustakaan
Sebenernya intinya itu aja. IMO, kebanyakan dari kita menggunakan kombinasi dari beberapa metode di atas. So, kelebihan dan kekurangan masing-masing metode ga terlalu berpengaruh. Tapi itu kan cuma my humble opinion...
OBSERVASI
- Pengamatan tidak berstruktur
- Pengamatan berstruktur
- Pengamatan digunakan untuk penelitian dan telah direncanakan secara sistematik.
- Pengamatan harus berkaitan dengan tujuan penelitian yang telah direncanakan.
- Pengamatan dicatat secara sistematik dan dihubungankan proposisi umum.
- Pengamatan dapat diperiksa atas validitas dan reliabilitas.
Kelemahan : terkadang harus menunggu lama, ada kegiatan yang tidak mungkin diperoleh datanya dengan pengamatan saja. (YDS?!)
WAWANCARA
Proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab dan bertatap muka antara si pewawancara dengan si penjawab/responden, dengan menggunakan alat yang disebut interview guide.
This topic is too long. Better to make its own entry....
DAFTAR PERTANYAAN
- Kuesioner : daftar pertnyaan yang ditujukan kepada responden dan diisi sendiri oleh responden
- Schedule : daftar pertanyaan yang ditujukan kepada responden dan diisi oleh si pewawancara atau si peneliti sendiri.
- Pertanyaan berstruktur (pertanyaan tertutup) -- Yes/no questions.
- Pertanyaan tidak berstruktur (pertanyaan terbuka)
- Kombinasi pertanyaan tertutup dan terbuka.
- Pertanyaan tentang fakta.
- Pertanyaan tentang pendapat dan sikap.
- Pertanyaan tentang informasi.
- Pertanyaan tentang persepsi diri.
STUDI KEPUSTAKAAN
Tujuan
- Mencari literatur yang berisi teori-teori yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas.
- Sebagai sumber data sekunder.
- Sistem Library of Congress
- Sistem Dewey Decimal
- Kartu katalog perpustakaan
- Buku referensi
(Sumber : Modul Kuliah AMIK BSI)
0 comments:
Post a Comment