Saturday, May 21, 2011

Seleksi dan Soal- soal Monbukagakusho

Assalamu'alaikum =)

Daritadi berjuang cuma buat compose and post a note. Gagal. Networknya lemot banget -_______-). Hiks. Harus pake provider apa ya...? Yang gak pake lemot. Plus murah. (heehee :D) Ada kah? Ada kah?

Sore ini tadinya mau pulang ke Sukabumi. Tapi gak jadi. (T__T) Lain kali aku upload foto-foto awesome sepanjang perjalanan Bogor- Sukabumi. Kalau aku pulang. Dan kalau aku udah punya kamera yang bagus. :P

Di kepala ini masih terpikir soal beasiswa Monbusho. Tapi tetep belum mau memutuskan mau ikut lagi atau ga. *sigh*
Sudahlah.

Karena masih kepikiran, jadi kali ini aku mau bahas tentang seleksi masuknya. Generally, seleksinya ada 3. Pertama, formulir/surat lamaran yang kamu kirim mereka periksa mana aja yang memenuhi syarat. Setau aku sih semua applications yang memenuhi syarat pasti dihubungi and dipanggil buat seleksi tahap kedua. Sejauh ini tiap tahun syarat utamannya sama.

Untuk D2, minimal rata-rata nilai UN 8,00. Untuk D3 : 8,20 (tahun ini 8,00 loh... ^^). Dan untuk S1, 8,40. Ada juga batasan usia. Kamu harus berusia minimal 17 tahun and maksimal 20 tahun per tanggal 1 April tahun daftar. I don't know whether there's another consideration or not, tapi kalau kamu dinilai berhak mengikuti tahap 2, kamu bakal dihubungi sama pihak embassy.

Selanjutnya seleksi kedua, tes tertulis. Wilayah Jabodetabek dan sekitarnya ikut tes di PSJ (Pusat Studi Jepang) UI.

 
Widia, me, Ratna, dan Nuri. Juga Chacha di belakang kamera. :)

Oh, bukan. Foto itu bukan diambil waktu tes beasiswa. Itu diambil di PSJ waktu festival Jepang tahun 2009 (intinya numpang eksis doang). Eniwei, mata pelajaran soal-soal tesnya tergantung pilihan program dan major study kamu.
Check this out...
Soal-soal ujian Monbukagakusho tahun 2007-2010
Lumayan buat belajar... :3
Di sini saya gagal. Haha. Surprise...?? No. Of course. (T___T)

BUT, kalau kamu sukses di tes ini, kamu bakal dihubungin lagi sama pihak embassy pada waktu yang sebelumnya mereka umumin. Silakan tunggu.
Kabarnya, (yes, kabarnya, karena saya belum pernah ngalamin T_T) setelah lulus tes tertulis kamu bakal masuk ke tahap ketiga, interview alias wawancara. Jika itu pun kamu lulus, beasiswa sudah di tangan.

Tapi bukan berarti bisa santai... Kamu masih harus nyari universitas di Jepang yang mau nerima kamu (adakah? :P). Hehehe... Tenaaaang...pihak embassy pasti bantu katanya.

 
Oh my... =)

Yang belum berhasil (that includes me!), Let's try again next year!! XDDD

Well that's all I know about Monbukagakusho scholarship. Cuma dikit yak? Maklum... ^ ^') Gak bermaksud sok tau, hanya sekedar ingin berbagi info di sini. Yang tahu lebih banyak soal ini or beasiswa Jepang lain, I'd really appreciate it if you share here too. =)

Thank you. And ganbatte!!!
Ganbarimasu...!!

0 comments:

Post a Comment