Wednesday, May 2, 2012

Local Area Network

Bismillah.
Assalamualaikum...

LAN merupakan jaringan komputer dalam ruang lingkup yang sangat terbatas, misalnya ruangan, rumah, gedung. Jangkauan LAN adalah 10-300 meter

Komponen Network :
  1. Komponen hardware. PC, NIC (Network Interface Card)/LAN card, konektor, Access Point, Antena, kabel, Hub, Switch, Router, dll.
    • Hub : perangkat yang digunakan untuk menghubungkan lebih dari 2 komputer. Bekerja dengan metode broadcast, sehingga sebuah sinyal yang masuk ke dalam hub akan keluar melalui seluruh port yang terdapat pada hub tersebut.
    • Switch/Bridge : bekerja mengacu pada tabel MAC Adress, jadi sebuah sinyal yang berasal dari sebuah port hanya akan dikeluarkan ke port yang sesuai, yaitu port yang terkoneksi komputer yang dituju.
    • Router : perangkat yang dapat menggabungkan dua atau lebih network menjadi sebuah internetwork.
  2. Komponen software. Sistem operasi jaringan, driver, protocol komunikasi, aplikasi.
  3. Komponen brainware. Network administrator, technician, user.

Topologi Fisik Jaringan adalah pola hubungan atau interkoneksi dari komponen-komponen fisik pembentuk jaringan atau skema pengkabelan komponen jaringan pada jaringan wired.
Topologi paling sederhana merupakan pola interkoneksi dari network yang paling sederhana, yaitu network yang hanya memiliki 2 host dan tanpa menggunakan perangkat jaringan. Hubungan dua host tersebut disebut point to point dan topologi yang terbentuk disebut topologi line.
  1. Topologi Bus (Linear Bus)
  2. Topologi Ring
  3. Topologi Star
  4. Topologi Mesh

CSMA/CD
  • CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection) merupakan sebuah metode kendali akses, yaitu metode yang menjelaskan bagaimana aturan dalam pengaksesan media jaringan yang memiliki 2 prinsip dasar, yaitu
    • mengindra (sensing) media jaringan
    • mendeteksi terjadinya tabrakan data (collision)
  • Sebuah node yang ingin mengirimkan datanya ke jaringan akan mengindra media. Node ini hanya akan mengirimkan datanya jika media jaringan sedang kosong. Jika ternyata ada node lain yang sedang mengirimkan data, ia akan menunggu dengan menetapkan waktu tunggu tertentu.
  • Setiap node selalu mengindra media jaringan, sehingga terjadinya collision akan diketahui. Jika terjadi collision, setiap node akan menginformasikan terjadinya collision dan menunggu dalam selang waktu yang acak.


(Sumber : Modul Kuliah AMIK BSI)

0 comments:

Post a Comment