Sunday, June 26, 2011

Konsep Dasar Manajemen


Assalamu’alaikum..

Sebetulnya kalau mau belajar dari awal semester ini harusnya udah nguasain dikit-dikit... -___-) Tapi kenyataannya besok mau ujian baru deh repot. Beware, JANGAN DITIRU. Please. U___U)
Karena sekarang mau ngerangkum, let’s switch to more formal tongue. Eh.

KONSEP DASAR MANAJEMEN

1.       John. D. Millet membatas manajemen is the process of directing and facilitating the work of people organized in formal groups to achieve a desired goal. Proses pengarahan dan pemberian fasilitas kerja kepada orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal untuk mencapai tujuan.

2.       James A.F.Stoner dan Charles Wankel memberikan batasan manajemen sebagai berikut. Management is the process of planning, organizing,  leading, and controlling the efforts of organization members and of using all other organizational recources to achieve stated organizational goals. Proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan penggunaan seluruh sumber daya organisasi lainnya demi tercapainya tujuan organisasi.

3.       Paul Hersey dan Kenneth H. Blanchard memberikan batasan manajemen as working with and through individuals and groups to accomplish organizational goals. Sebagai suatu usaha yang dilakukan dengan dan bersama individu atau kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.

4.       H.B. Siswanto. Manajemen adalah seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang danmekanisme kerja untuk mencapai tujuan.

(can you tell the difference? Ah, well)

Tujuan dalam manajemen adalah sesuatu yang ingin direalisasikan, yang menggambarkan cakupan tertentu dan menyarankan pengarahan kepada usaha seorang manajer. (H. B. Siswanto)
4 elemen pokok  tujuan:
1.       Sesuatu yang ingin direalisasikan (goal)
2.       Cakupan (scope)
3.       Ketepatan (definiteness)
4.       Pengarahan (directness)

Edwin E. Locke mendeskripsikan mengenai sifat dari proses mental atas penetapan tujuan.
1.       Spesifikasi tujuan (goal specificity)
2.       Kesukaran tujuan (goal difficulty)
3.       Intensitas tujuan (goal intensity)

Pada umumnya tujuan organisasi dapat dikelompokkan menjadi 3 macam, yaitu :
1.       Tujuan organisasi secara makro
2.       Tujuan manajer pada seluruh hierarki organisasi
3.       Tujuan individu
(err... intinya tujuan, kan? I think everyone gets the concept of goals)

0 comments:

Post a Comment