Monday, June 27, 2011

Manajemen Modern (Manajemen Kontemporer)


Bismillah
Asslamu’alaikum

MANAJEMEN MODERN (MANAJEMEN KONTEMPORER)


1.      model tipe Z
William Ouchi mengemukakan bahwa perusahaan Amerika dan Jepang berbeda dalam 7 dimensi yang penting, yaitu :
a.       lama masa kerja
b.      cara pengambilan keputusan
c.       letak tanggung jawab
d.      kecepatan ealuasi dan promosi
e.       mekanisme kontrol
f.       spesialisasi jalur karier
g.      perhatian perusahaan terhadap pegawai


2.      gerakan ekselensi
Peters & Waterman mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan tertentu yang excellent, atau mereka yang memiliki kesuksesan yang telah berlangsung dalam jangka panjang, melakukan banyak hal secara sistematik yang membuat mereka terpisah dari perusahaan lain.
a.       melakukan sesuatu tepat pada waktunya
b.      tetap dekat dengan konsumen
c.       mempromosikan otonomi dan kewirausahaan
d.      memaksimalkan produktivitas pekerja
e.       menggunakan pendekatan hand-on bagi manajemen
f.       melakukan yang terbaik dan diketahui perusahaan
g.      mempertahankan struktur organisasi yang sederhana


3.      TQM (Total Quality Management)
Atau Manajemen Mutu Terpadu, yaitu suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, manusia, proses dan lingkungannya.

4.      ISO 9000 dan ISO 14000

5.      Proses Rekayasa Ulang Bisnis
Perencanaan ulang secara radikal serta memikirkan kembali proses bisnis secara fundamental untuk mencapai perbaikan secara dramatis dalam ukuran unjuk kerja kontemporer seperti biaya, kualitas, servis dan kecepatan.

6.      Downsizing
Versi restrukturisasi organisasi yang menghasilkan penurunan besaran organisasi dan sering menghasilkan struktur organisati yang lebih mendatar.

7.      Organisasi Jejala (Networking Organization)
Fungsi utama organisasi tidak harus dimiliki satu organisasi sendiri, tetapi dapat dilakukan oleh perusahaan lain, yaitu atas dasar kontrak.

8.      Kaizen
Upaya yang dilakukan untuk memperbaiki secara terus menerus semua bidang dalam perusahaan. Berkaitan dengan konsep TQM.

9.      Just in Time
Berproduksi hanya apabila ada permintaan atau memproduksi sesuatu yang diminta, pada saat diminta, dan hanya sebesar jumlah yang diminta.

10.  ABC Concept
Activity Based Costing.
Dalam akuntansi konvensional dikenal 3 unsur dalam menghitung biaya produk :
a.       biaya langsung
b.      biaya upah langsung
c.       biaya overhead

11.  Balanced Scorecard
Menurut Kaplan & Norton, balanced scorecard berfungsi sebagai pelengkap dan bukan sebagai pengganti pengukuran kinerja keuangan tradisional, karena data keuangan tetap dipertahankan dalam pengukuran kinerja.
4 perspektif kinerja balanced scorecard :
  1. financial perspective
  2. customer perspective
  3. internal business process perspective
  4. learning and growth perspective


 Sumber : Pengantar Manajemen oleh H.B.Siswanto dan Modul BSI.

0 comments:

Post a Comment