Monday, June 27, 2011

Pengarahan dan Komunikasi Dalam Organisasi


Bismillah
Assalamu’alaikum.

Materi di modul langsung lompat ke proses pemotivasian. Tapi sebelumnya masih ada satu proses sebelum itu kan. Hanya untuk melengkapi. . .

PENGARAHAN

Yaitu suatu proses pembimbingan, pemberian petunjuk, dan instruksi kepada bawahan agar mereka bekerja sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Pengarahan berati menentukan bagi bawahan tentang apa yang harus mereka kerjakan atau tidak boleh mereka kerjakan. Pengarahan mencakup berbagai proses operasi standar, pedoman dan buku panduan, bahkan manajemen berdasarkan sasaran.

Secara umum, tujuan pengarahan yang ingin dicapai pada setiap sistem perusahaan maupun organisasi adalah :
1.      menjamin kontinuitas perencanaan.
2.      membudayakan prosedur standar.
3.      menghindari kemangkiran yang tak berarti.
4.      membina disiplin kerja.
5.      membina motivasi yang terarah.

Selanjutnya materi ini berkaitan dengan

KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

Komunikasi menurut Handoko : proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain.

Unsur rantai pertukaran informasi:
1)      Suatu kegiatan untuk membuat seseorang mengerti.
2)      Suatu sarana pengaliran informasi.
3)      Suatu sistem bagi terjalinnya komunikasi di antara individu-individu.

Unsur esensi komunikasi : pengirim, berita, penerima.

Elemen pokok komunikasi menurut Stoner dan Wankel :
1)      Pengirim
2)      Penyandian
3)      Pesan
4)      Saluran
5)      Penerima
6)      Pengurai sandi
7)      Gaduh (noise)
8)      Umpan balik

Menurut Handoko, tiope jaringan komunikasi berbentuk :
1)      Lingkaran
2)      Rantai
3)      Huruf Y
4)      Bintang

Sedangkan saluran komunikasi terdiri dari :
1)      Komunikasi vertikal
2)      Komunikasi lateral atau horizontal
3)      Komunikasi diagonal

Cara-cara untuk meningkatkan efektivitas komunikasi :
1)      Kesadaran akan kebutuhan komunikasi efektif.
2)      Penggunaan umpan balik.
3)      Menjadi komunikator yang lebih efektif.
4)      Pedoman komunikasi yang baik.

Sumber : Pengantar Manajemen oleh H.B.Siswanto dan Modul BSI.

0 comments:

Post a Comment