Saturday, June 11, 2011

Structured Query Language (SQL) dan MySQL

Assalamu’alaikum..

Yesterday we got a quiz in Lab. Sempet panik seharian karena emang agak jarang latian ^^)a dan copy-an materinya entah kabur ke mana. Oh well, sudahlah gak usah memikirkan kertas yang hilang. Yang penting start practicing right?

Kita dapet kuis materi SQL on MySQL dan PHPMyAdmin, pake program PHPTriad. I still don’t get the whole thing about PHPTriad, yet. Working on it. Or I’ll feel so left behind and be dying on curiousity. Haha. Menurut modul BSI, PHPTriad merupakan kumpulan paket dari Apache, MySQL, and PHP.

Sebelumnya kita bahas dulu apa itu SQL.
SQL or Structured Query Language merupakan standar bahasa dalam mengolah database. Query adalah suatu objek database yang dapat digunakan untuk menampilkan,

menyunting atau menganalisa suatu data dengan memberikan baris-baris perintah
tertentu.

Bahasa ini punya 3 sub bahasa,

  1. DDL, Data Definition Language. Berfungi mendefinisikan database dan table. Jadi, kalau kamu mau buat, edit, or hapus database and table, pake DDL. DDL ini untuk mengatur struktur aja, jadi kalau mau bikin atau ngerubah isi table, bukan pake sub bahasa ini. Perintah yang termasuk DDL : create, alter, drop.

  1. DML, Data Manipulation Language. Berfungsi memanipulasi data yang ada di dalam database. See, ini untuk manipulasi isi data. Kalau kamu udah bikin database and tables, untuk mengisi, edit, menampilkan and hapus data, pake DML ini. Perintahnya : insert, update, select, delete.

  1. DCL, Data Control Language. Berhubungan dengan pengaturan hak akses dan wewenang. Perintahnya : grant, revoke.


While SQL adalah bahasanya, MySQL adalah program database servernya.

MySQL ada pada direktori C:\apache2triad\mysql. Sedangkan untuk file-file eksekusinya (file biner) ada di direktori C:\ apache2triad\mysql\bin.
Jadi kalau mau buka di command prompt, ketik:
cd c:\ apache2triad\mysql\bin
lalu login dengan mengetik
mysql –u root (kalau kita mau pake user root/user default).

Or, gampangnya, saat buka command prompt, tanpa pergi ke direktori manapun, langsung ketik:
mysql

Atau kamu juga bisa langsung browse ke My Computer, kemudian C:\, klik Apache2Triad, buka folder mysql, buka folder bin, lalu klik aplikasi mysql. Untuk selanjutnya, tinggal copy shortcutnya ke desktop, jadi ga usah ribet lagi. :p


Next, penggunaan perintah-perintah DDL, DML, dan DCL di MySQL.

Thank you.

1 comments:

Anonymous said...

tambah lagi donk artikel tentang sql nya :)

Post a Comment