Sunday, June 26, 2011

Manajemen, Manajer dan Kepemimpinan


Assalamu’alaikum

MANAJEMEN, MANAJER, DAN KEPEMIMPINAN

Sebelumnya sudah dijelaskan apa itu manajemen, lalu apa itu manajer dan kepemimpinan dan kaitannya terhadap manajemen?

Manajemen adalah seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang danmekanisme kerja untuk mencapai tujuan.
Dengan kata lain, manajemen adalah seni, ilmu dan prosesnya.

Manajer adalah seseorang yang bertindak sebagai perencana, pengorganisasi, pengarah, pemotivasi, dan pengendali terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.
Orang atau pelakunya.

Kepemimpinan adalah sikap yang harus dimiliki oleh perencana, pengorganisasi, pengarah, pemotivasi, dan pengendali.
Sifat atau jiwanya.

(Be...gi...tu...lah...)

Tingakatan manajemen dalam organisasi menurut Handoko :
1.       Manajer lini – pertama
2.       Manajer menengah
3.       Manajer puncak

Menurut cakupan kegiatannya, Siswanto membagi manajer menjadi 4 kelompok :
1.       Dewan direksi. Mengelola organisasi secara keseluruhan.
2.       Presiden organisasi. Mengelola para manajer agar terdapat kesatuan gerak dan tindakan.
3.       Departemen atau kepala divisi. Mengelola bawahan yang meliputi spesialisasi masing-masing.
4.       Manajer hierarki pertama. Pekerjaannya sesuai dengan tujuan organisasi.

George R. Terry mendeskripsikan pekerjaan manajer berdasarkan fungsinya :
1.       Perencanaan
2.       Pengorganisasian
3.       Penggerakkan
4.       Pengendalian

(OMAIGAD. All over again. Haha. OK. Stop.)

Dan keterampilan yang harus dimiliki manajer menurut Handoko adalah:
1.       Keterampilan konseptual
2.       Keterampilan kemanusiaan
3.       Keterampilan administratif
4.       Keterampilan teknik

(hold on... masih ada lagi...)

Selain keterampilan, manajer juga mempunyai peran dalam organisasi (Siswanto) :
1.       Peran antarpribadi manajer.
a.       Sebagai tokoh
b.      Sebagai pemimpin
c.       Sebagai penghubung
2.       Peran informasional manajer
a.    Sebagai pemantau
b.    Sebagai penyebar
c.     Sebagai juru bicara
3.       Peran pengambil keputusan manajer
a.    Sebagai wirausaha
b.    Sebagai pereda gangguan
c.     Sebagai pengalokasian sumber daya
d.    Sebagai perunding

(Managers, Sirs, watch that... ;D )

Sumber : Pengantar Manajemen oleh H.B.Siswanto dan Modul BSI.

0 comments:

Post a Comment