Sunday, June 26, 2011

Pengorganisasian

Assalamu’alaikum
Setengah semester lewat... back to track. Setelah proses perencanaan, kita mulai proses...

PENGORGANISASIAN

Organisasi : sekelompok orang yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk merealisasikan tujuan bersama.

Ciri organisasi :
  • Sekelompok orang yang menggabungkan diri dengan suatu ikatan norma, peraturan, ketentuan dan kebijakan yng telah dirumuskan dan masing-masing pihak siap untuk menjalankannya dengan penuh tanggung jawab.
  • Sekelompok orang saling mengadakan hubungan timbal balik dan saling bekerja sama untuk melahirkan dan merealisasikan purpose, objective dan goal.
  • Sekelompok orang bekerja sama diarahkan pada suatu titik tertentu, yaitu tujuan bersama.

Pengorganisasian menurut Gareth Morgan & Stephen P.Robin :
Pembagian kerja yang direncanakan untuk diselesaikan oleh anggota kesatuan pekerjaan, penetapan hubungan antar pekerjaan yang efektif di antara mereka, dan pemberian lingkungan dan fasilitas pekerjaan yang wajar sehingga mereka bekerja secara efisien.

Pengorganisasian juga dapat didefinisikan sebagai : suatu pekerjaaan membagi tugas, mendelegasikan otoritas dan menetapkan aktivitas yang hendak dilakukan oleh manajer pada seluruh hierarki organisasi.

Individu dan perilaku organisasi
Menurut Gibson, dkk terdapat 4 ciri utama individu yang mempengaruhi efektivitas organisasi. Persepsi, sikap, kepribadian, pembelajaran. Manajer maupun bawahan melihat dan memahami individu dan objek, membentuk sikap terhadap individu lain atau organisasi, memiliki struktur kepribadian, dan belajar sambil bekerja.

Kelompok dan perilaku organisasi
J.W. McDavid dan M.Harari mendefinisikan kelompok sebagai suatu sistem yang terorganisasi yang terdiri atas 2 orang atau lebih yang saling berhubungan sedemikian rupa sehingga sistem tersebut melakukan fungsi tertentu, memiliki serangkaian peran hubungan antar anggotanya, memiliki serangkaian norma yang mengatur fungsi kelompok dan tiap-tiap anggotanya.

Menurut McDavid dan Harari, peran yang ada dalam suatu kelompok yaitu
  1. Peran yang dirasakan
  2. Peran yang dimainkan

Gibson dkk membagi kelompok menjadi 2 tipe, formal dan informal, dan dibentuk karena beberapa alasan, yaitu:
  1. Pemuasan kepuasan
  2. Kedekatan dan daya tarik
  3. Tujuan kelompok
  4. Alasan ekonomi

Brenrd Bass mengemukakan suatu model dari perkembangan kelompok. Tahap-tahapnya adalah :

1.       Saling menerima
2.       Komunikasi dan pengambilan keputusan
3.       Motivasi dan produktivitas
4.       Pengendalian dan organisasi

Apabila kelompok telah berkembang dengan melewati berbagai tahap perkembangan tersebut, maka kelompok tersebut mulai menampakkan karakteristik tertentu,

1.       Struktur
2.       Hierarki status
3.       Peran
4.       Norma
5.       Kesatupaduan

D. Cartrivright & A. Zander juga Robbin mengemukakan bahwa suatu kelompok dapat memiliki daya tarik disebabkan oleh :

1.       Tujuan kelompok dan anggota sinkron dan jelas.
2.       Memiliki pemimpin yang berkarisma.
3.       Reputasi atau nama baik.
4.       Kelompok tersebut cukup kecil dan memungkinkan anggota saling mendengar dan mengevaluasi.
5.       Anggota saling mendukung.

Stoner dan Wankel membatasi bahwa struktur organisasi adalah susunan dan hubungan antarbagian komponen dan posisi dalam suatu perkumpulan.

Gibson, dkk menekankan bahwa struktur bertalian dengan hubungan yang relatif pasti yang terdapat di antara pekerjaan dalam organisasi. Hubungan yang pasti tersebut timbul dari proses keputusan sebagai berikut:

1.       Pembagian kerja (division of labor)
2.       Departementalisasi (departementalization)
3.       Rentang kendali (span of control)
4.       Delegasi (delegation of authority)

Sumber : Pengantar Manajemen oleh H.B.Siswanto dan Modul BSI.

0 comments:

Post a Comment